Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

NAMA:PASKAH PURBA

Sample text

NAMA:PASKAH PURBA

Social Icons

NIM:13090446

Jumat, 02 November 2012

Open Shortest Path First (OSPF)

yaitu sebuah protokol routing yang merupakan standar terbuka yang digunakan sebagian besar vendor peralatan jaringan komputer. Jadi, protokol ini bisa di implementasikan dimana saja.Protokol OSPF  menggunakan algoritma Djikstra. Pertama,akan dibuat suatu pohon jalur terdekat. Konvergensi rute pada OSPF sangatlah cepat,meskipun tidak secepat EIGRP, dan mendukung jalur-jalur yang "berbeda tapi memiliki cost yang sama"dalam menempuh suatu tujuan.

Fitur-fitur dari OSPF adalah :
  •  Terdiri dari “area” dan “autonomous systems”
  •  Meminimalkan traffic untuk update rute
  •  Mendukung skalabilitas
  •  Mendukung VLSM/CIDR
  •  Hop Count tidak terbatas
  •  Karena termasuk Open Standard, bisa diimplementasikan oleh siapa saja. 
OSPF menggunakan sistem hirarki. Berarti kita bisa membagi-bagi sistem  tersebut menjadi bagian yang lebih kecil yang disebut area. Alasan kenapa OSPF dibuat seperti ini adalah untuk mengurangi overhead routing, mempercepat konvergensi rute dan agar jika suatu sistem tidak stabil, ketidakstabilan tersebut tidak akan mempengaruhi sistem keseluruhan. Gambarannya adalah seperti di bawah ini :
                                                 Pembagian Hirarki pada OSPF       
                                                                                
Istilah-istilah penting yang harus dimengerti tentang OSPF adalah : 
Link adalah interface dari suatu router yang tergabung ke dalam suatu jaringan OSPF
Router ID adalah IP Address yang digunakan untuk identifikasi suatu router. Cisco memilih alamat interface loopback yang memiliki IP Address tertinggi. Jika tidak ada interface loopback yang diberi IP Address, maka OSPF akan memilih IP Address tertinggi dari seluruh interface yang sedang aktif.
Neighbors adalah dua atau lebih router yang memiliki interface pada jaringan yang sama.
Adjacency adalah hubungan dua router OSPF yang bisa saling berbagi informasi rute. OSPF sangat memilih dalam hal membagi update rute, router OSPF hanya membagi informasi rute dengan router yang sudah melakukan adjacency dengan dirinya.
Protokol Hello adalah protokol yang digunakan router OSPF untuk mengetahui apakah router neighbornya masih ada atau tidak. Dialamatkan ke 224.0.0.5.
Protokol Link State Advertisement adalah paket yang berisikan informasi tentang kondisi link dan informasi rute yang dibagi-bagikan di antara router-router OSPF. Router OSPF hanya akan membagi paket LSA kepada sesame router OSPF yang sudah melakukan adjacency.
Neighbors Database adalah daftar yang berisikan router-router OSPF lainnya yang mengirimkan paket Hello ke router tersebut.
Topology Database adalah daftar yang berisikan informasi yang berasal dari paket LSA yang diterima areanya. Router menggunakan informasi ini sebagai input ke dalam algoritma Djikstra yang akan digunakan untuk penentuan rute.
Designated Router adalah router yang terpilih ketika beberapa router OSPF terhubung ke dalam satu jaringan multi-access yang sama (misalnya Ethernet). Fungsinya adalah untuk meminimalisasi jumlah adjacency yang terbentuk di network tersebut. Designated Router dipilih untuk menerima/mengirim paket dari/ke jaringan broadcast atau broadcast link. Router-router OSPF sisanya akan menjalin adjacency dengan Designated Router saja. Dengan begitu, keutuhan jaringan total akan terjaga. Yang terpilih adalah router yang memiliki prioritas tertinggi.
Backup Designated Router sesuai namanya, fungsinya adalah sebagai backup bagi Designated Router. Hanya saja dia tidak meneruskan paket LSA.
OSPF Area adalah area yang ditentukan bagi beberapa interface router, yang akan memiliki ID Area yang sama.
Tipe router OSPF terbagi tiga, yaitu Backbone Router yang menjadi pusat atau puncak hirarki OSPF, biasanya diberi area 0. Hirarki OSPF harus terhubung ke area 0 ini. Di bawahnya ada Area Border Router yang menghubungkan Backbone Router dengan router lain dibawahnya. Dibawahnya lagi adalah router-router yang menghubungkan beberapa autonomous system atau network-network kecil kita, yaitu Autonomous System Boundary Router.
                                             gambar Routing Open Shortest Path First

0 komentar:

Poskan Komentar